A.
Anak
Usia Dini
1.
Pengertian
Anak Usia Dini
Anak usia dini merupakan anak yang berada
pada rentang usia 0-6 tahun. Usia dini merupakan usia yang sangat penting bagi
perkembangan anak sehingga disebut golden age. Anak usia dini sedang dalam
perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Anak usia dini
belajar dengan caranya sendiri. Menurut sujiono (2007:4) “anak usia dini adalah
sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan
fundamental bagi kehiduapan selanjutnya”. Pada masa ini anak memerlukan
rangsangan stimulus guna mengembangkan segala aspek yang berkaitan dengan
perkembangannya. Rangsangan stimulus bisa diperoleh dari orang tua, guru maupun
dari masyarakat sekitar anak. Bagi guru PAUD sangat penting untuk memahami
bagaimana cara yang tepat dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan anak
usia dini. Berdasarkan uraian tersebut di atas, dapat dianalisis bahwa anak
usia dini adalah sosok individu yang berada pada rentan usia 0-6 tahun yang
sedang mengalami proses pertumbuhan yang pesat dan fudamental.
2.
Karakteristik
Anak Usia Dini
Anak usia dini memiliki karakteristik yang
khas, baik secara fisik, sosial, moral dan sebagainya. Menurut Siti Aisyah,dkk
(2010:1.4-1.9) karakteristik anak usia dini antara lain:
a.
Memiliki
rasa ingin tahu yang besar.
b.
Merupakan
pribadi yang unik
c.
Suka
berfantasi dan berimajinasi.
d.
Masa
paling potensial untuk belajar
e.
Sebagai
bagian dari makhluk sosial.
3.
Pembelajaran
Anak Usi Dini
Pembelajaran pada anak usia dini adalah
kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada anak yang disesuaikan dengan
tingkat usia anak dengan pengembangan kurikulum yang berupa seperangkat rencana
yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui bermain yang dipersiapkan oleh
pendidik dengan menyiapkan materi (konten) dan proses belajar.
Berdasarkan kurikulum atau standar PAUD
yaitu peraturan pemerintah no 58 tahun 2009, perkembangan kognitif merupakan
salah satu perkembangan yang sangat penting bagianak usia dini. Standar tingkat
pencapaian perkembangan berisi tentang perkembangan dan pertumbuhan anak usia
dini sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Tingkat perkembangan merupakan
semua aspek perkembangan yang dapat dicapai anak pada setiap tahap
perkembangan.
Tingkat pencapaian perkembangan anak usia
4-5 tahun dalam perkembangan kognitif yaitu membilang banyak benda 1-10,
mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan, mengetahui konsep banyak
dan sedikit. Kemampuan membilang merupakan salahsatu kegiatan pembelajaran
dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak. Kemampuan membilang sangat
penting karena akan membantu anak mdalam memecahkan masalah.
Sumber:
http://digilib.unila.ac.id/13571/124/BAB%20II.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar