Minggu, 11 November 2018

Pengertian Anak Usia Dini


A.     Anak Usia Dini
1.      Pengertian Anak Usia Dini
     Anak usia dini merupakan anak yang berada pada rentang usia 0-6 tahun. Usia dini merupakan usia yang sangat penting bagi perkembangan anak sehingga disebut golden age. Anak usia dini sedang dalam perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Anak usia dini belajar dengan caranya sendiri. Menurut sujiono (2007:4) “anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses perkembangan dengan pesat dan fundamental bagi kehiduapan selanjutnya”. Pada masa ini anak memerlukan rangsangan stimulus guna mengembangkan segala aspek yang berkaitan dengan perkembangannya. Rangsangan stimulus bisa diperoleh dari orang tua, guru maupun dari masyarakat sekitar anak. Bagi guru PAUD sangat penting untuk memahami bagaimana cara yang tepat dalam mengembangkan setiap aspek perkembangan anak usia dini. Berdasarkan uraian tersebut di atas, dapat dianalisis bahwa anak usia dini adalah sosok individu yang berada pada rentan usia 0-6 tahun yang sedang mengalami proses pertumbuhan yang pesat dan fudamental.
2.      Karakteristik Anak Usia Dini
    Anak usia dini memiliki karakteristik yang khas, baik secara fisik, sosial, moral dan sebagainya. Menurut Siti Aisyah,dkk (2010:1.4-1.9) karakteristik anak usia dini antara lain:
a.       Memiliki rasa ingin tahu yang besar.
b.      Merupakan pribadi yang unik
c.       Suka berfantasi dan berimajinasi.
d.      Masa paling potensial untuk belajar
e.       Sebagai bagian dari makhluk sosial.
3.      Pembelajaran Anak Usi Dini
     Pembelajaran pada anak usia dini adalah kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada anak yang disesuaikan dengan tingkat usia anak dengan pengembangan kurikulum yang berupa seperangkat rencana yang berisi sejumlah pengalaman belajar melalui bermain yang dipersiapkan oleh pendidik dengan menyiapkan materi (konten) dan proses belajar.
  Berdasarkan kurikulum atau standar PAUD yaitu peraturan pemerintah no 58 tahun 2009, perkembangan kognitif merupakan salah satu perkembangan yang sangat penting bagianak usia dini. Standar tingkat pencapaian perkembangan berisi tentang perkembangan dan pertumbuhan anak usia dini sejak lahir sampai dengan usia enam tahun. Tingkat perkembangan merupakan semua aspek perkembangan yang dapat dicapai anak pada setiap tahap perkembangan.
   Tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun dalam perkembangan kognitif yaitu membilang banyak benda 1-10, mengenal konsep bilangan, mengenal lambang bilangan, mengetahui konsep banyak dan sedikit. Kemampuan membilang merupakan salahsatu kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak. Kemampuan membilang sangat penting karena akan membantu anak mdalam memecahkan masalah.













Sumber:

http://digilib.unila.ac.id/13571/124/BAB%20II.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar